Kepala KUA Purwoasri Apresiasi 400 Peserta Pengajian Pra Nikah dari LDII

 

Kediri (19/9). PC LDII Kecamatan Purwoasri gelar Pengajian Pra Nikah dihadiri oleh Kepala KUA Kecamatan Purwoasri, Aminudin, dengan tema Sempurnakan Separuh Agamamu dengan Menikah, di Ponpes Pondok Blawe pada Minggu, 18 September 2022.

Menurut Ketua PC LDII Kecamatan Purwoasri Suyanto, pengajian tersebut dihadiri oleh 400 peserta, dari majelis taklim LDII yang terdapat di Kecamatan Purwoasri dan sekitarnya.

“Peserta pengajian ini khusus untuk 17 tahun ke atas sebanyak 400an, dan mereka dari majelis taklim LDII Kecamatan Purwoasri dan sekitarnya,” ujar Suyanto.

Lebih lanjut, Kepala KUA Kecamatan Purwoasri, Aminudin, S.Ag, menekankan bahwa salah satu tugas Kantor Urusan Agama adalah pencatatan, dan pelaporan nikah.

“Mestinya yang berkewajiban menikahkan adalah orang tua, KUA mewakili pemerintah hadir untuk memastikan kepastian hukum akibat dari pernikahan tersebut. Oleh karena itu siapa saja yang mau menikah, supaya mendaftarkan diri ke KUA, nanti KUA akan mendampingi dan mencatatkan pernikahan tersebut apabila betul telah memenuhi rukun pernikahan,” kata Aminudin.

Aminudin juga menegaskan untuk mencegah angka perceraian, untuk meningkatkan pembinaan usia nikah agar menjadi bekal bagi mereka. “Dengan mengikuti pembinaan nanti tahu ilmunya berumah tangga, sehingga tidak mudah cerai, mereka akan dibekali ilmu secara fiqh maupun ilmu dalam membina rumah tangga yang harmonis,” tegas Aminudin.

Lebih lanjut, ia sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan tersebut, dan mengaku memiliki 8 penyuluh dengan 12 fungsinya agar dimanfaatkan, termasuk didalamnya terdapat bidang moderasi beragama. Dalam kesempatan tersebut, Drs. KH. Sunarto, M.Si, Ketua Dewan Penasihat DPD LDII Kabupaten Kediri, sangat mendukung kerjasama LDII Kecamatan Purwoasri dengan KUA Kecamatan Purwoasri.

“Pada Pengajian Pra Nikah ini peserta dibekali hukum nikah maupun aspek dukungan administrasi sehingga menjadi rujukan melakukan pernikahan dan diberharap ditingkatkan lagi dan variatif, kegiatan ini memang untuk segmen remaja, belum nanti ada ibu-ibu dan umum, berharap banyak hal yang bisa dikerjasamakan dengan Kepala KUA dan penyuluh yang ada,” pungkas Ketua Dewan Penasihat DPD LDII Kabupaten Kediri KH. Sunarto.

Berikut foto kegiatan:

——————–

——————–

——————–

——————–

——————–

Oleh: Rozy Mujahid (contributor) / Fachrizal Wicaksono (editor)

Leave a Reply

Your email address will not be published.