LDII Bersama Kanwil Kemenag Sulbar Laksanakan Kalibrasi Arah Kiblat

Pasangkayu (8/6). Kalibrasi arah kiblat adalah upaya mencocokkan atau menyesuaikan arah suatu tempat dengan bangunan Ka’bah di Masjidil Haram, sedangkan menghadap kiblat merupakan salah satu syarat sahnya salat.

Dalam upaya pelayanan bantuan kalibrasi arah kiblat, Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Barat ikut serta dalam program kalibrasi tingkat nasional di wilayahnya secara tim. Wilayah Kabupaten Pasangkayu, khususnya wilayah Kecamatan Sarudu dan Kecamatan Dapurang, dipimpin oleh Ustaz Hakim SY Nira.

DPD LDII Kabupaten Pasangkayu ikut berpastisipasi dalam kegiatan tersebut, dengan mengikutsertakan masjid naungannya di wilayah Kecamatan Dapurang yaitu masjid Al-Mashurin dan Masjid Al-Amiin. Tim tiba di lokasi pada Kamis (12/5/2022), disambut pengurus harian DPD LDII Kabupaten Pasangkayu beserta takmir masjid sekitar.

Setelah melakukan kalibrasi, Hakim menyampaikan, “Hasil kalibrasi yang telah kami lakukan silahkan disampaikan dan dimusyawarahkan dengan takmir dan jama’ah sekitar supaya paham dan mengerti keakuratan arah kiblat dalam pelaksanaan salat”.

Ketua DPD LDII Kabupaten Pasangkayu Lukman Efendi, yang ikut mendapingi kegiatan tersebut menyampaikan, “Kalibrasi arah kiblat yang dilakukan oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov Sulbar ini sangat kami apresiasi, karena dengan kegiatan ini kami semakin yakin tentang keakuratan arah kiblat di masjid naungan LDII”.

Hakim menambahkan kalibrasi arah kiblat bisa dilakukan secara mandiri setiap tanggal 27 dan 28 Mei pukul 17.18 WITA karena pada waktu tersebut matahari melintas tepat di arah Ka’bah, dan untuk selanjutnya masjid-masjid atau musala-musala yang ingin melakukan kalibrasi agar menghubungi Kantor Urusan Agama terdekat, karena setiap Kantor Urusan Agama sudah memiliki tenaga ahli yang telah diberikan pembekalan.

Selain pengurus harian DPD LDII Kabupaten Pasangkayu, hadir masing-masing takmir masjid, diantaranya Ust Supriyanto sebagai Imam Masjid Al-Mashurin dan Bahruddin sebagai Imam Masjid Al-Amiin.

Oleh: Lukman Efendi (contributor) / FF (editor)

Leave a Reply

Your email address will not be published.