LDII Kolaborasi dengan Dinkes Kota Bandung Vaksinasi 300 Warga

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) LDII Kota Bandung menyelenggarakan vaksinasi Covid-19 massal tahap pertama pada Selasa (29/06) yang berhelat di Kantor Sekretariat LDII Kota Bandung, Jl. Bijaksana II No. 10, Kecamatan Sukajadi, Kota Bandung. Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 ini bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Bandung dengan peserta 300 orang yang terdiri dari ulama, ustadz, hingga pengurus LDII.

Vaksinasi ini turut dihadiri oleh MUI Kota Bandung, Kesbangpol Kota Bandung, Camat Sukajadi, serta Lurah Sukajadi. Ketua DPW LDII Jawa Barat, H. Dicky Harun yang turut hadir menjelaskan bahwa pelaksanaan program vaksinasi ini merupakan aksi nyata membantu pemerintah dalam mewujudkan target dua juta dosis vaksin per hari.

“Kegiatan yang dilaksanakan LDII Kota Bandung ini merupakan bagian intergal kegiatan yang kita buat, dari mulai DPP, kemudian DPW, dan DPD. Kita pun mengacu pada program pusat dengan membantu menyukseskan program pusat bahwa rakyat kita bisa tervaksinasi dua juta per hari,” tegasnya.

Selain itu, Dicky menjelaskan, program vaksinasi ini bagian dari kontribusi LDII kepada bangsa dengan harapan selain menstimulasi kekebalan tubuh, juga dapat mengurangi kasus harian Covid-19 yang sedang melonjak tinggi beberapa waktu terakhir hingga dapat membentuk kekebalan komunitas atau herd imunity yang diharapkan bangsa Indonesia.

“Ini bagian dari karya LDII untuk bangsa, kemudian karya ini dikontribusikan kepada masyarakat, dan kita komunikasikan, kita bekerjasama dengan MUI, dengan Dinas Kesehatan. Sehingga mudah-mudahan dengan vaksinasi ini, herd imunity yang kita harapkan dapat tercapai dalam waktu dekat ini,“ ujarnya.

Sementara itu, Ketua LDII Kota Bandung, H. Edi Sunandar menuturkan, LDII merupakan ormas keagamaan yang perdana berinisiatif menyelenggarakan vaksinasi terhadap tokoh agama. Ia berharap, dengan program ini dapat menginspirasi ormas keagamaan lainnya untuk melakukan hal yang sama.

“Acara hari ini adalah acara yang perdana. Sebetulnya ini untuk golongan tokoh agama. Alhamdulillah LDII termasuk yang pertama melakukan program vaksinasi ini. Kami harap ormas yang lain, khususnya ormas keagamaan bisa ikut melaksanakan hal yang sama”, ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketum MUI Kota Bandung KH Nandang Koswara mengapresiasi LDII yang berinisiatif menyeleggarakan vaksinasi sebagai aksi dalam membantu pemerintah dalam mencapai target 2 juta dosis vaksin per hari. “Kami mengapresiasi LDII dan melihat gerakan yang diadakan LDII ini sungguh luar biasa, memberikan sebuah jawaban betapa kebutuhan umat ini dijawab dan direalisasikan di tengah-tengah masyarakat,” ujarnya.

Senada dengan Edi Sunandar, Nandang juga menyampaikan harapannya agar ormas keagamaan lainnya turut membantu pemerintah dalam menyukseskan target pemerintah dalam upaya mencapai 1 juta dosis vaksin setiap hari.

“Mudah-mudahan ini menjadi sebuah inspirasi bagi seluruh gerakan keumatan, baik itu gerakan-gerakan ormas Islam yang hari ini menjadi bagian yang tak terpisahkan dari MUI Kota Bandung untuk melaksanakan hal yang sama,” pungkasnya. (fitri)

Oleh: Fadel Abrori (contributor) / Fachrizal Wicaksono (editor)

Leave a Reply

Your email address will not be published.