DINAS KPKP Jakarta Utara dan LDII sukseskan Program Urban Farming

 

 

DKI Jakarta (27/01/2022). Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Perikanan (Sudin KPKP) Jakarta Utara Unang Rustanto bersilaturrahim dengan pengurus DPD LDII Jakarta Utara di Ponpes Syarif Hidayatullah, Koja, Jakarta Utara. Kunjungan ini adalah bentuk komitmen kedua pihak dalam menyukseskan program ketahanan pangan melalui urban farming alias lahan pertanian perkotaan.

Unang Rustanto mengatakan, di Jakarta Utara ada 40 lokasi urban farming terdiri dari 20 titik gang hijau. Ditempat ini, tanamannya ditanam menggunakan media tanah dan ada pula yang menggunakan media air. Sementara,  20 titik lainnya merupakan lokasi hidroponik dengan media tanam air. “Panennya melimpah sehingga ke depan warga bisa mengelolanya secara mandiri,” katanya.

Unang Rustanto menambahkan, selain menciptakan lingkungan yang lebih indah, bersih, dan asri, keberadaan gang hijau juga sebagai percontohan urban farming. Pihaknya akan melakukan survei dan meninjau lokasi untuk memastikan lokasi-lokasi tersebut memenuhi persyaratan sebagai gang hijau. Salah satu syaratnya, lokasi harus mendapatkan paparan sinar matahari yang cukup.

Sementara itu Ketua DPD LDII Jakarta Utara Irfan Al Dhuhya menyambut baik program yang tengah digalakkan oleh Dinas KPKP ini. “Harapan kami urban farming ini juga dapat dikembangkan di lingkungan pondok pesantren yang ada di LDII, di lingkungan masjid atau majelis taklim binaan LDII, dan bisa menjadi program kegiatan Gugus Depan Pramuka yang dimiliki oleh LDII Jakarta Utara,” ujarnya. 

 

Oleh: SOBAR LUBIS (contributor) / Khoir (editor)

Leave a Reply

Your email address will not be published.