Kelola Sampah Jadi Barang Bernilai, LDII Diapresiasi Pejabat Setempat

Kendari (14/8). Pengurus Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kambu Kota Kendari beraudensi ke Kantor Kecamatan Kambu Kota Kendari. (12/8/2022) Kegiatan audensi ini bertempat di ruang tamu kantor Kecamatan Kambu. Dihadiri oleh semua pengurus harian dan koordinator bidang PC LDII Kecamatan Kambu.

Ketua PC LDII Kecamatan Kambu Hamzah menjelaskan, bahwa kegiatan audensi ini merupakan kegiatan yang biasa dilakukan oleh setiap organisasi, guna menjalin kedekatan dengan pemerintah setempat. “Oleh sebab itu kami pengurus PC LDII Kecamatan Kambu, memanfaatkan Jumat barokah ini bersilaturahmi ke kantor Camat Kambu” tuturnya.

Ia melanjutkan berkaitan dengan silaturahmi ini kami pengurus perlu menyampaikan bahwa SK kepengurusan ini merupakan SK perpanjangan masa kerja periode berikutnya. “Jadi untuk kepengurusan ini berjumlah 12 orang 4 pengurus harian dan 8 seksi-seksi,” urainya.

Dia menjelaskan sejarah berdirinya organisasi kemasyarakatan LDII serta menjelaskan program-program yang mendukung program pemerintah.

“Organisasi LDII merupakan organisasi kemasyarakatan yang terbentuk secara syah dan legal menurut UU No 8 tahun 1985 tentang organisasi kemasyarakatan dan PP No 18 tahun 1986 serta Permendagri No 5 tahun 1986,” jelasnya.

Ia juga menambahkan terkait program kerja PC LDII Kecamatan Kambu menitik beratkan pada kegiatan sosial kemasyarakatan. Diantaranya program unggulan yang akan kami laksanakan di tahun 2023 yakni Posyandu remaja dan ibu hamil.

“Untuk remaja kami bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Kendari penyuluhan tentang bahaya merokok bagi kesehatan. Serta Menyikapi Sultra Darurat Narkoba bekerjasama dengan BNN Kota Kendari. Dan untuk ibu rumah tangga Pencegahan Bahaya Stunting,” tandasnya.

Camat Kambu H. Sentosa menuturkan bahwa program kerja baiknya kegiatan yang menyentuh lapisan masyarakat bawah, yang membutuhkan bantuan serta pencerahan. Karena di wilayah kampus ini ada sebagian mahasiswa yang membutuhkan bantuan dan pencerahan melalui dakwah.

“Makanya dengan ada pengurus LDII Kecamatan Kambu ini saya meminta bantuannya agar programnya dapat membantu sebagian mahasiswa yang membutuhkan bantuan serta pencerahan agar mereka tidak mudah terpengaruh dengan hal-hal negatif,” pintanya.

Ia melanjutkan persoalan lingkungan juga sangat penting karena sekarang ini menjadi kendala klasik di wilayah kita. Iaitu masalah sampah yang dibuang sembarang tempat sehingga menyebabkan terjadinya banjir di tempat-tempat tertentu.

“Sebenarnya persoalan sampah ini kita dapat mengedukasi masyarakat terkait pengolahan sampah, yang menghasilkan barang bernilai uang. Seperti daerah Jawa yang telah memanfaatkan sampah menjadi benda yang bernilai tinggi, sehingga daerah tersebut masalah sampah dapat teratasi bahkan menjadi pendapatan masyarakat dan daerah,” tegasnya.

Menyikapi terkait program kerja yang telah dipaparkan oleh ketua LDII Kecamatan Kambu, baiknya ini dapat bersinergi dengan pemerintah kecamatan.

“Saya selaku pemerintah Kecamatan Kambu mengapresiasi dan berterima kasih kepada LDII Kecamatan Kambu yang telah membantu mendukung program perintah khususnya di lingkup Kecamatan Kambu melalui program-programnya,” pungkasnya.

Oleh: Hamzah (contributor) / Fachrizal Wicaksono (editor)

Leave a Reply

Your email address will not be published.