Tangkal Perpecahan, FKUB Jateng Perkuat Kerukunan Umat

 Kendal – Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Jawa Tengah terus membangun dialog, silaturahim kebangsaan dan penguatan kerukunan umat beragama untuk menangkal perpecahan umat beragama. Seperti silaturahmi yang dilakukan hari ini, Selasa (28/12) di SMA GNBS Brangsong, Kabupaten Kendal Jawa Tengah, sebuah yayasan sekolah yang dikelola Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Jawa Tengah.

Ketua FKUB Jawa Tengah, KH Taslim Syahlan mengatakan, silaturahmi ke LDII Jawa Tengah sudah dilakukan kedua kalinya sejak ia memimpin FKUB Jawa Tengah. Ia berjanji akan menguatkan silaturahim umat Islam dan agama lain. “Silaturahim ini akan kami gencarkan karena di masing-masing agama ada hal-hal perlu dibicarakan agar tidak memperlebar perbedaan yang ada,” terang KH Taslim.

Taslim mengatakan LDII merupakan organisasi keagamaan yang solid karena itu pihaknya berharap penguatan silaturahmi ke depan terus bergerak dan perekat dan tidak hanya jadi pengikat. “Saya yakin komitmen teman-teman di LDII sudah baik dan bersama kami akan terus menggelorakan dan memperkuat silaturahmi yang ada,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPW LDII Jawa Tengah, Singgih Tri Sulistiyono saat menerima kunjungan pengurus FKUB Jawa Tengah mengatakan, persoalan yang kerap muncul dan menimpa bangsa Indonesia salah satu faktornya adalah kurang jalinan komunikasi dan silaturahmi. Padahal jalinan silaturahmi ini dalam kontek kehidupan bermasyarakat dan bernegara sangat penting.

“Salah satu sumber dari perpecahan yang muncul di Negara ini adalah kurang membudayanya silaturahmi untuk menyambung persaudaraan, persahabatan dan kasih sayang,” jelasnya.

Singgih menilai dengan membudayanya silaturahmi akan membuat sesama elemen bangsa lebih mengenal, memahami dan membantu. Dikatakan, tradisi silaturahmi yang mulai luntur dan hilang dalam kehidupan bermasyarakat selama kurun waktu beberapa tahun terakhir disikapi LDII dengan kembali menggelorakan semangat silaturahmi. “LDII akan menggelorakan dan melaksanakan kegiatan sebagai manifestasi semangat silaturahmi kebangsaan. Harapannya kita akan mengadakan kegiatan tidak hanya level pimpinan tetapi sampai ke bawah,” tandasnya. 

 

Oleh: Rully Sapujagad (contributor) / Faqihu Sholih (editor)

Leave a Reply

Your email address will not be published.