DPD LDII Dompu Tanam 1.000 Pohon, Bupati: Kembalikan Dompu yang Hijau

Dompu (22/12). Dewan Pimpinan Daerah Lembaga Islam Indonesia (DPD LDII) Dompu menggelar kegiatan penanaman pohon dengan tema “Pohon Sebagai Sumber Kehidupan dan Penghidupan”. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Desa Serakapi Kecamatan Woja Kabupaten Dompu, pada Selasa dan Rabu, 21 dan 22 Desember 2021.

Bupati Dompu Kader Jaelani dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada DPD LDII Kabupaten Dompu yang melaksanakan gerakan penanaman pohon. “Saya ucapkan apresiasi setinggi-tingginya kepada Lembaga Dakwah Islam Indonesia yang sudah mengundang kami dalam menjalankan program menanam pohon. Program ini sungguh sangat kami banggakan dan kami hormati,” ungkap Bupati AKJ.

Dikatakan Bupati, sebagai wujud kepedulian terhadap pelestarian lingkungan, maka setiap ada kegiatan penanaman pohon selalu menyempatkan diri untuk bisa mengikutinya. “Terbukti pada hari ini kami hadir bersama banyak pimpinan OPD,” ucapnya sembari menyebut satu persatu pejabat yang hadir.

AKJ menegaskan kegiatan penanaman pohon sangat membanggakan karena wilayah Kabupaten Dompu saat ini banyak mengalami musibah atau bencana terutama banjir yang diakibatkan oleh kerusakan hutan yang sangat parah. “Tentu saja untuk menanggulangi hal tersebut maka dengan secara sadar kita bersama mau mengembalikan Dompu menjadi Dompu yang hijau, Dompu yang penuh dengan pepohonan seperti dulu,” ujarnya.

Ditambahkan Bupati, melalui program penghijauan, tidak bermaksud menutup lahan yang telah ditanami jagung, namun diharapkan agar dapat memanfaatkan sebagian kecil dari lahannya untuk menanam pohon pelindung dari dampak bencana serta bisa memproduksi oksigen yang dihirup setiap saat. “Mau tidak mau kita harus bersemangat melakukan penanaman pohon. Kalau bukan sekarang kapan lagi, kalau bukan kita yang melakukan siapa lagi. Jangan menunggu Dompu ini hancur dulu. Kita harus menumbuhkan kesadaran untuk menanam. Karena itu saya terima kasih sekali kepada LDII yang melakukan gerakan penanaman pohon ini meskipun bukan di kawasan hutan,” kata Bupati.

 

Sebelumnya Ketua DPD LDII Kabupaten Dompu H. Suaidin, S. Ag dalam sambutannya mengemukakan bahwa gerakan penanaman pohon ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan HUT NTB ke 63 tahun 2021 menindaklanjuti Surat Edaran DPP LDII Nomor : SUM – 267/DPP-LDII/XI/2021 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Hari Menanam Pohon 2021 dan Program Go Green LDII Gerakan Menanam Pohon.

“Kegiatan penanaman pohon ini dilaksanakan DPW dan DPD se-Indonesia selama Bulan Desember ini. Alhamdulillah di Kabupaten Dompu bisa dilaksanakan pada hari ini. Kami atas nama segenap pengurus DPD LDII Kabupaten Dompu mengucapkan terima kasih kepada bapak Bupati beserta para pejabat yang telah berkenan hadir memenuhi undangan kami,” kata Suaidin.

Ia menyebut gerakan penghijauan (Go Green) LDII telah berlangsung sejak tahun 2007. Jumlah pohon yang telah ditanam sebanyak 3,5 juta pohon di berbagai daerah di Indonesia dengan tingkat kematian hanya 7 persen. “Insyaallah pohon-pohon yang kami tanam ini. Kami upayakan tetap dirawat sampai tumbuh besar nantinya,” tuturnya.

Pensiunan PNS ini menerangkan pohon yang ditanam ada sekitar 1.000 pohon terdiri dari durian 300 pohon, srikaya 150 pohon, nangka 200 pohon, mahoni 250 pohon dan mete 100 pohon. Ditambahkan Suaidin bahwa gerakan penanaman pohon ini juga selaras dengan program Bupati yakni Program Jagung, Porang, Padi, Sapi dan Ikan (Jara Pasaka) Menuju Dompu yang Mashur (Maju Sejahtera Unggul dan Religius) dan program Dompu Berjasa (Bersih Hijau dan Sehat).

“Di sini juga ada sekitar 3.000 pohon porang dan rencana ke depan di bawah tegakan pohon-pohon yang kami tanam ini akan ditanami dengan porang. Sebagai informasi pak Bupati, di Desa Karamabura sudah ada anggota LDII yang melaksanakan program pak Bupati menanam porang. Jumlahnya sudah sekitar 40.000 pohon,” sebutnya.

Gerakan penghijauan tersebut dihadiri oleh Bupati Dompu Kader Jaelani dan Sekda Dompu Gatot Gunawan Perantauan Putra, S. KM., M. Kes. Hadir pula sejumlah pejabat dan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Di antaranya Kepala Kejaksaan Negeri Dompu Mei Abeto Harahap, SH., MH, Dandim 1614/Dompu yang diwakili Pasiter Letda Syaifuddin, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Hj. Khaerul Insyan, SE., MM, Staf Ahli Bidang Keuangan Ir. Syarifuddin, Asisten 3 Setda Dompu Agus Salim, S. Sos, Plt. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Aris Ansyari, ST., MT, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Jufri, ST., M. Si, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Abdul Syahid, SH, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik H. Albuhairum, S. Sos., M. Si, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Ir. H. Rusdin, Kepala Dinas Sosial Drs. Abdul Haris, Plt. Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Sukardin H. Suaib, S. Sos, Kabid Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup Andi Bahtiar, ST., M. Si, serta Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Ardiansyah, SE. Hadir pula Camat Woja Suherman, S. Pt, Camat Dompu Syahudin Abi, S. IP., M. Ak dan Kepala Desa Serakapi Sastromijoyo, Anggota TAGANA Kabupaten Dompu, Pengurus dan anggota LDII Kabupaten Dompu dan Pengurus serta anggota Senkom Mitra Polri yang berjumlah sekitar 150 orang.

 

Oleh: Yus Wanta (contributor) / Faqihu Sholih (editor)

Leave a Reply

Your email address will not be published.