Kerukunan Umat Beragama sebagai Bekal Pembangunan Berkelanjutan

 

Kediri(26/12). FKUB Kabupaten Kediri Launching Desa Sadar Kerukunan Umat Beragama dan Bhakti Sosial di Desa Sekaran, Kecamatan Kayen Kidul, Kabupaten Kediri, pada Minggu, 26 Desember 2021. Acara tersebut dihadiri oleh Bupati Kediri yang diwakili oleh Sekretaris Daerah, Dede Sujana, Ketua DPRD Kabupaten Kediri, Dody Purwanto, Kepala Kemenag Kabupaten Kediri, Dr. Zuhri dan 100 undangan lainnya.

Menurut Kepala Desa Sekaran, Purdiman, bahwa pemerintah Desa Sekaran selalu pro aktif dengan sesepuh umat beragama, selain itu dalam semua kegiatan maupun beberapa jabatan di Desa Sekaran diisi oleh perwakilan umat beragama. “Pemerintah desa yang pro aktif dengan semua pengurus sesepuh umat beragama di Desa Sekaran, BPD (Badan Permusyawaratan Desa) diisi oleh pewakilian umat beragama, pengurus desa juga diisi semua umat beragama, selain itu kegiatan-kegiatan di Desa Sekaran selalu melibatkan semua unsur umat beragama sehingga hubungan bisa harmonis rukun dan guyub, mudah-mudahan predikat ini bisa menjadi contoh di desa yang lain dan semoga desa Sekaran semakin kokoh, guyub, bersatu untuk meningkatkan kerukunan umat beragama. Dengan persatuan dan kesatuan Negara kita akan lebih kuat dan lebih kokoh.” ujar Kepala Desa Sekaran, Purdiman.

Dede Sujana, menyampaikan bahwa modal kerukunan umat beragama ini akan tercipta perdamaian dan akan membantu pembangunan yang berkelanjutan. “Sebagaimana kita ketahui bahwa, memang bangsa kita ini bangsa yang majemuk termasuk di Kabupaten Kediri, oleh karena itu salah satu yang menjadi kebutuhan daerah dan bangsa majemuk adalah kerukunan, terutama kerukunan antar umat beragama, kerukunan antar warga masyarakat di semua strata sosial agar tercipta kedamaian dan pembangunan yang berkelanjutan,” kata Dede Sujana.

Ia juga mengapreasiasi FKUB yang melaunching desa kerukunan umat beragama, ini merupakan contoh yang bisa direplikasi oleh desa-desa yang lain yang bisa menjadi pilot project sehingga bisa dikembangkan di desa lainnya. “Alhamdulillah Launching Desa Kerukunan Umat Beragama dan Bhakti Sosial di Desa Sekaran, Kecamatan Kayen Kidul berlangsung baik dan lancar, kami berharap dengan terwujudnya kerukunan umat beragama, seluruh elemen masyarakat bahu membahu membantu pemerintah membangun Kabupaten Kediri. Sehingga terwujudnya masyarakat Kabupaten Kediri yang maju, berkarakter nasionalis religius, serta sejahtera berdasarkan ekonomi kerakyatan yang didukung birokrasi yang melayani,” kata Drs. Slamet Pramono, M.Pd, Anggota FKUB Kabupaten Kediri sekaligus Wakil Ketua DPD LDII Kediri.

 

Oleh: Rozy Mujahid (contributor) / Faqihu Sholih (editor)

Leave a Reply

Your email address will not be published.