DPD LDII Jember Bekerjasama dengan Polres Edukasi Vaksin Booster

Jember (18/3). Binmas Polres Jember dan DPD LDII Kabupaten Jember, Senin (14/3) melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) pencegahan masuknya virus Covid-19 varian Omicron di kabupaten Jember. Terkait hal tersebut, Polres Jember menggandeng LDII untuk ikut berperan aktif dalam mensukseskan pelaksanaan vaksinasi Covid-19. FGD tersebut mengambil tema “Pentingnya vaksinasi dan protokol kesehatan dalam rangka memutus mata rantai covid 19”. Kegiatan yang digelar di Aula Kantor DPD LDII, Jalan Langsep Gg. Wista DMC no.14 Patrang, dikuti ketua PC LDII  se-Kabupaten Jember.

Ketua DPD LDII Kabupaten Jember, Akhmad Malik Afandi, menyampaikan, LDII berkomitmen untuk membantu pemerintah dalam memutus rantai penyebaran Covid-19 di Jember. Ia menyebut LDII Jember telah membentuk Satgas Covid-19 di jajaran pengurus LDII PC/PAC.

“LDII Jember bersama Satgas Covid-19 dari dinas kesehatan Jember sudah beberapa kali mengadakan vaksinasi dosis satu dan dua. FGD ini tentu menjadi sangat penting bagi LDII untuk meningkatkan kerjasama bersama Polres Jember untuk terus menggali pengetahuan dan wawasan mengenai Covid-19 varian Omicron,” lanjut Malik.

Ia mengatakan vaksinasi dan penerapan protokol kesehatan merupakan wujud ikhtiar untuk menekan laju penyebaran Covid-19, walaupun angka kematian Covid-19 cenderung menurun akhir-akhir ini. Dalam perjalanannya, masyarakat sudah harus siap hidup berdampingan dengan Covid-19 dengan tetap menjaga protokol kesehatan. Untuk menghadapinya, kita tidak boleh panik berlebihan tetapi juga tidak boleh meremehkan.

“Tetap laksanakan 10M yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas, memperbanyak minum vitamin, memperbanyak olahraga, memperbanyak berjemur, meningkatkan ibadah terutama di waktu 1/3 malam dan meningkatkan tawakal kepada Allah. Bagaimanapun juga, kita harus sadar bahwa virus ini adalah makhluk ciptaan Allah dan yang bisa menyembuhkan juga Allah. Maka kalau kita sudah vaksin, sudah melakukan protokol kesehatan, kok tetap terkena, maka kita harus tawakal kepada Allah,” ujar Malik yang pernah aktif di HMI itu.

Sementara itu, Kaur Binops SatBinmas Polres Jember, Iptu Iswanto, sangat mendukung apa yang menjadi program LDII terutama dalam membantu pemerintah terkait dengan vaksinasi. “Untuk mencapai herd imunity, maka pemerintah bersama-sama TNI/Polri, tokoh agama dan tokoh masyarakat harus selalu mengedukasi kepada masyarakat tentang pengtingnya vaksinasi mulai dosis satu, dua dan boster sebagai upaya menuju kekebalan kolektif,” ujarnya. Hadir sebagai pemateri acara tersebut adalah Elmita Anggraini yang sehari-hari bekerja sebagai Dokter di rumah sakit Citra Husada Jember.

 

Oleh: Akhmad Malik Afandi (Jember) (contributor) / Faqihu Sholih (editor)

Leave a Reply

Your email address will not be published.