LDII Ikuti Pendidikan Politik Bagi Ormas yang Diselenggarakan Bakesbangpol Gunungkidul

Gunungkidul (27/6). Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Gunungkidul laksanakan Pendidikan Politik bagi Ormas Keagamaan, dipusatkan di Komplek Masjid Al Fath Bantengwareng, Kalurahan Tancep, Kapanewon Ngawen, Kabupaten Gunungkidul (22/6).

Kegiatan yang dikemas dalam tema “Peran Organesasi Masyarakat untuk meningkatkan Partisipasi Pemilu Serentak Tahun 2024 di Kabupaten Gunungkidul.”

Hadir Bupati Gunungkidul H. Sunaryanta bersama Forkompimda, Ketua Komisioner KPU, Ketua dan Pengurus Harian DPD LDII Kabupaten Gunungkidul serta tokoh masyarakat setempat.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati menyampaikan pendidikan politik bagi masyarakat perlu dilakukan, apalagi yang terkait dengan wawasan kebangsaan. “Hal ini dilakukan untuk memberikan pengertian kepada warga masyarakat bahwa pendidikan politik yang terkait dengan wawasan kebangsaan itu penting apalagi yang menyangkut dengan kekuatan negara perlu mendapatkan perhatian besar bagi bangsa ini,” ujarnya. 

Ia mengungkapkan, bangsa Indonesia semakin lama akan semakin runtuh manakala kekuatan negara yang ada tidak dikelola dengan baik, maka dari itu kesatuan dan persatuan itu penting bagi kita bangsa Indonesia.

Lebih lanjut, Bupati juga menyinggung tentang peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat setelah pandemi, “Ada tiga program unggulan Bupati untuk tahun 2022 diantaranya akan memfokuskan dan memaksimalkan bidang pertanian, peternakan dan pengembangan sumberdaya manusia, untuk pengembangan ekonomi kerakyatan juga perlu untuk ditingkatkan agar masyarakat segera bangkit dari keterpurukan setelah pandemi Covid-19.

Sementara itu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Gunungkidul Johan Eko Sudarto, mengapresiasi LDII bahwa pendidikan politik yang ia lakukan mendapat tanggapan sungguh luar biasa.

“Kami belum pernah mendapat tanggapan seperti yang dilakukan oleh warga LDII saat ini, maka dengan itu kami atas nama Pemerintah Kabupaten Gunungkidul melalui Bakesbangpol mengucapkan terima kasih kepada warga LDII yang telah membantu kelancaran acara ini dengan baik,” ujarnya. 

Ia memberikan pesan bagi warga LDII, untuk tetap berperan aktif menjaga kerukunan dan ketentraman antar umat beragama di wilayah Kabupaten Gunungkidul.

Komisioner KPU Andang Nugroho menyampaikan bahwa pelaksanaan Pemilu akan dilaksanakan pada tanggal, 14 Februari 2024 dengan agenda Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPD, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota.

Ia menuturkan, untuk Pemilukada tanggal 27 November 2024, berharap pada warga LDII untuk berperan aktif dalam pelaksanaan Pemilu yang telah diagendakan oleh pemerintah sehingga pesta demokrasi dapat berjalan sukses tanpa ada kendala berarti.

Ketua DPD LDII Kabupaten Gunungkidul Wahono Budi Rustanto mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Gunungkidul melalui Bakesbangpol yang telah memberikan kepercayaan kepada LDII untuk bisa menjadi ajang penyelenggarakan Pendidikan Politik.

“Ini semua akan menjadi bekal melangkah lebih baik lagi sehingga pendidikan politik akan membawa dampak yang baik dan dapat meningkatkan wawasan yang lebih luas bagi warga LDII. Warga LDII dalam Pemilu Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPD, DPR RI, DPRD serta Pemilukada tetap menjalankan fungsinya sebagai pemilih yang baik yaitu pemilih bebas aktif, tidak golput dan tidak berada dibawah naungan salah satu Partai Politik,” ungkapnya.

Oleh: Masgino Masgin (contributor) / FF (editor)

Leave a Reply

Your email address will not be published.