Sako SPN DIY Gelar ‘Gelang Ajar’ bagi Pembina Pramuka

Yogyakarta (17/12). Satuan Komunitas Sekawan Persada Nusantara (Sako SPN) DIY menghelat ‘Gelang’ Ajar bagi para pembina pramuka di Bumi Perkemahan Dewaruci Bantul Yogyakarta, Sabtu (11/12/2021). Kegiatan yang diikuti 40 orang peserta dibuka secara resmi oleh Ketua Pimpinan Sakoda SPN DIY Kak Drs. H. M. Geyol Sugianto, M.Si.

Geyol menekankan pentingnya meneruskan keselarasan Sako SPN dengan visi misi DPP LDII yang selama ini telah terjalin dengan baik. “Sako diharapkan turut berkontribusi melalui delapan bidang pengabdian LDII untuk bangsa,” harapnya. Sedangkan Kak Alek Rahmad selaku Wakil Ketua Pinsakoda SPN DIY menjelaskan bahwa target pembinaan generus LDII adalah membentuk manusia yang berkarakter Tri Sukses (alim-faqih, berakhlakul karimah dan mandiri) disertai dengan enam tabiat luhur (jujur, amanah, mujhid muzhid, rukun, kompak dan kerja sama yang baik).

“Sako SPN DIY akan mengimplementasikan delapan bidang pengabdian LDII untuk bangsa, sesuai dengan arahan DPP LDII,” jelasnya yang juga anggota biro Pemuda, Kepanduan, Olahraga, Seni dan Budaya (PKOSB) DPW LDII DIY. Acara Gelang Ajar diisi tiga orang narasumber yaitu Kak Sarjito dari Sakoda SPN DIY serta dua orang narasumber dari Pusdiklatcab Bantul Kak Heru Supranoto dan Kak Tanti Sadmawati.

“Pendidikan kepramukaan adalah proses pembentukan kepribadian, sedangkan kecakapan hidup dan akhlak mulia melalui penghayatan dan pengamalan nilai nilai kepramukaan,” demikian dijelaskan Kak Heru.

Adapun Kak Tanti menyampaikan bahwa materi Gelang Ajar ini bersifat mengulang dan penyegaran dari materi KMD. “Pembina Pramuka harus memahami tentang SKU, SKK dan SPG. Kami mempersilahkan jika para pembina pramuka dari Sako SPN akan melanjutkan ke Kursus Mahir Lanjut (KML), Kwarcab Bantul siap mendukung,” ungkapnya.

Di akhir acara, Kak Alek sebagai Wakil Ketua Pinsakoda DIY berpesan agar program kerja para pembina sako SPN bisa sinkron dan selaras dengan program kerja kwartir pramuka di tingkatan masing masing (Uyun Kusuma). 

Leave a Reply

Your email address will not be published.